Saturday, February 23, 2008

Islam,Iman dan Ihsan

Data statistik yang menunjukkan lebih dari delapan puluh persen penduduk Indonesia memeluk agama islam memang sangat patut kita syukuri karena dengan itu islam menjadi agama mayoritas bangsa indonesia dan dengan itu pula tanah air kita menjadi negara dengan penduduk beragama islam terbesar didunia melebihi seluruh negara islam di seluruh dunia sekalipun . Tapi dibalik itu semua kitapun tak dapat menutup mata dan lari dari fakta yang menyatakan bahwa sebagian besar umat islam dinegeri ini hanyalah islam identitas belaka alias "islam KTP"dalam arti mereka hanya tahu bahwa agama mereka adalah islam sebagaimana tertera pada Kartu Tanda Penduduk mereka tanpa mengetahui lebih dalam tentang apa itu islam dan bagaimana ajarannya.

Setidaknya ada tiga hal mendasar yang sangat urgen bagi seluruh muslim untuk mengetahuinya jika mereka ingin benar – benar menjadi seorang muslim hakiki, yaitu;Islam, Iman dan Ihsan. Nah dengan latar belakang inilah penulis memandang perlu adanya sebuah pemaparan ringkas dan jelas mengenai tiga hal tersebut. Maka dari itu penulispun mencoba tuk merealisasikan hal itu dalam artikel sederhana ini.

Islam, Iman dan Ihsan.
Sebelumnya penulis ingin mengemukakan sebuah hadist yang menerangkan tentang islam,iman dan ihsan.yang diriwayatkan oleh Sayyidina Umar bin Khattab. Ia berkata: Suatu hari ketika kami sedang duduk bersama Rosululloh SAW.datanglah seorang lelaki tak dikenal berambut hitam pekat dan berpakaian serba putih tanpa terlihat sedikitpun tanda bekas bepergian padanya.Iapun lalu duduk dihadapan Rosululloh dan berkata:"Terangkan padaku tentang islam", rosul menjawab:"Islam adalah Persaksianmu bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah,amalmu mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, menjalankan puasa dan menunaikan haji. Iapun berkata lagi:"Katakan padaku apa itu Iman?", rosulullohpun berkata:"Iman Adalah kepercayaanmu terhadap Allah, seluruh MalaikatNya, Kitab – kitabNnya, para UtusanNya, Hari Kiamat dan baik-buruknya keputusan Allah. Iapun lagi – lagi berkata:"Paparkan padaku tentang Ihsan", rosulpun lagi – lagi menjawab:"Ihsan adalah perasaan melihat Allah dalam segala ibadahmu.Dan jika kau tak merasa melihatNya maka ketahuilah bahwa sesunggunya Ia melihatmu.(HR:Muslim).

Hadist diatas secara singkat, padat dan tepat menerangkan kepada kita mengenai pilar – pilar islam dan iman serta hakikat ihsan. Dengan begitu dapat di ketahui bahwa muslim paripurna adalah orang islam yang telah meyakini dan mengamalkan semua hal yang tertera dalam hadist tersebut.

Sedangkan pengertian islam ialah:Kepatuhan dan ketundukan seorang hamba terhadap Allah SWT.dengan menjalankan setiap perintahNya dan Menjauhi segala laranganNya.

Adapun pengertian iman ialah: Meyakini,membenarkan serta mempercayai eksistensi Allah SWT. dan seluruh malaikat, kitab, utusan, hari akhir dan baik-buruk keputusanNYa.

Sedangkan ihsan ialah: merasakan kehadiran AAllah dalah dalam beribadah kepadanya hingga seakan – akan merasa melihatNya.Dan kalupun tak melihatNya maka sesungguhnya Allah selalu melihat dan mengawasi segala tindak – tanduk hambanya.

Dari paparan singkat ini kiranya dapat ditarik sebuah benang merah yang menghubungkan antara islam dan iman serta ihsan, yaitu; bahwa islam adalah manifestasi atau perwujudan dan pembuktian dari hati yang telah mempercayai keberadaan Allah dan telah memenuhi hak – hakNya sebagai tuhan yang wajib disembah. Sedangkan yang mengawasi dan mengevaluasi serta memberi supervisi adalah ihsan.

Jika diumpamakan dengan sebuah kacang, islam itu kulit yang membungkus dan mengamankan isi nya,sedangkan iman merupakan biji ysang patut dijaga agar tak terkontaminasi dengan bakteri yang bisa merusaknya,adapun ihsan adalah saripati atau rasa kacang tersebut yang telah sempurna penjagaannya dan memberikan kenikmatan bagi yang memakannya.

Sedangkan jika diibaratkan dengan seseorang yang ingin mengambil mutiara dalam samudera, islam sebagai perahu dan alat selam yang digunakan tuk mengarungi samudera dan menyelaminya, sedangkan iman merupakan samudera yang dalamnya terdapat mutiara.,adapun ihsan adalah mutiara yang tuk menggapainya memerlukan peralatan yang baik serta kepandaian menyelam dan kesabaran .Wallahu a'lam.


Yemen,12 Shafar 1429 H.
20 Februari 2008 M.

No comments: