Wednesday, March 5, 2008

Islam itu nasihat

Agama adalah kebenaran sedangkan syariat adalah jalan menuju kebenaran tersebut. Agama adalah buku kumpulan nasehat dan syariat adalah isi dari buku itu sendiri. Pada sebuah kesempatasn Tamim Addary, seorang sahabat Nabi Muhammad SAW.mengutarakan sebuah hadist yang ia dengar dari baginda rosululloh sebagai berikut :Nabi bersabda :"Agama (islam) adalah nasihat". Akupun (tamim) bertanya :"nasihat bagi siapakah wahai baginda?. Beliau menjawab:"Bagi Allah, Kitab dan utusanNya, Pemimpin umat islam serta seluruh kaun muslimin".
Dari hadist diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa hikmah diturunkannya agama islam adalah untuk memberi petunjuk serta nasehat kepada segenap manusia tentang bagaimana cara berinteraksi dengan Allah, kitab, rosulNya, pemimpin umat kaum muslimin serta semua umat islam demi tercapainya kebahagiaan duniawi dan ukhrowi. Ini juga memberi arti kepada kita bahwa islam tak hanya semata – mata mengurusi hubungan vertical seorang hamba dengan tuhannya saja (hablum minallah), melainkan juga memberi petunjuk pada umatnya tentang tatacara hidup bermasyarakat dalam rangka menjalin hubungan horisontal antar sesama manusia (hablum minannas).
Pada kesempatan kali ini penulis ingin menuliskan sekelumit tentang maksud dan arti dari beberapa poin yang tertera dalam hadist diatas, sebagai berikut:
Pertama: "Agama adalah nasehat bagi bagi Allah".Yang dimaksud dengan poin ini adalah bahwa agama islam mengajak kita tuk beriman kepada Allah dan menafikan sekutu atasnya serta meyakini kesempurnanan sifat – sifatNya dan menjauhkanNya dari segala kekurangan. Islam juga mengajarkan taat dan takwa dengan menjauhi apapun yang menjadi larangannNya serta mengamalkan semua perintahNya.

Kedua: "Agama adalah nasihat bagi kitabNya (Al-Qur'an)". Arti dari poin ini adalah bahwa islam memberi petunjuk kepada umatnya tuk mngimani kitab al –qur'an yang telah diturunkan kepada rosulNya, Muhammad SAW. dan meyaini bahwa itu merupakan perkataanNya yang maha suci tanpa ada satu hurufpun yang berasal dari perkataan nabi didalamnya. Islam juga mengajak umatnya tuk merenungi arti dan maknanya serta mengamalkan segala hukum dan ajaran yang terkandung didalamnya..Iapun mengharuskan pemeluknya tuk mengagungkan dan menjaga keorisinalannya dari tangan - tangan jahil yang ingin merubah isinya.
Ketiga: "Agama adalah nasehat bagi Nabi Muhammad SAW.".Poin ini memiliki makna bahwa agama islam mmemerintahkan kita beriman kepada Nabi Muhammad dan membenarkan segala wahyu yang diturunkan atasnya serta mengamalkan seluruh ajarannya serta menjadikannya panutan yang terbaik dalan segala aspek kehidupan karena ia adalah manusia paling beriman ,insan pilihan, profil pujaan sekaligus figur idaman.Agamapun mewajibkan kita tuk selalu menjadi penolongnya dengan cara membela ajarannya dari orang – orang yang tak ingin islam menjadi agama besar didunia.
Keempat: "Agama adalah nasihat bagi Para pemimpin umat islam". Yang dimaksud dengan poin in adalah bahwa agama islam mengajarkan pada umatnya tuk menaati pemimpinnya selama ia masih berjalan diatas rel kebenaran dan memimpin penuh dengan tanggung jawab dan keadilan.sedangkan pemimpin umat yang dimaksud adlah para ulama karena mereka adalah pewaris tugas kenabian dalam rangka menyebarkan risalah ajaran islam keseantero dunia. Selain mereka yang masuk dalam kategori pemimpin umat adalah umara' atau pemimpin nrgara karena merekalah yang disebut oleh al qur'an sebagai ulil amri dlam firman Allah :"wahai orang – orang yang beriman taatilah Alllah, dan taatilah rosul (Muhammad) serta ulil amri dari sebagianmu.."(QS:an nisa':59). Iapun menganjurkan pemeluknya tuk memberi kritik dan saran yang membangun apabila melihat sang pemimpin telah melakukan kesalahan karena pemimpin juga manusia biasa yang sudah barang tentu tak luput dari salah.

Kelima: "Agama adalah nasehat bagi seluruh umat islam".Arti dari poin ini adalah bahwa islam memerintsahkan kita umatnya tuk saling tolong menolong dalam suka dan duka, ringan sama dijinjing dan berat sama dipikul. Apa yang kita rasakan sudah semestinya juga dirasakan oleh saudara islam kita karena perumpamaan muslim satu dengan lainnya adalah bagaikan tubuh manusia;pabila ada saah satu anggota tubuh yang sakitmaka sekujur tubuhpun kan merasakan efeknya.Iapun mengajarkan kita tuk saling menyeru pada kebenaran dan mencegah kemungkaran sebagaimana ia memerintahkan kita membela satu sama lain dari segala gangguan umat agama lain. Wallahu a'lam.


No comments: