Thursday, March 27, 2008

Rahasia dibalik tabir takwa

Semua orang islam yang sering menghadiri pengajian agama atau siraman rohani sudah barang tentu begitu hapal akan kalimat berikut ini:"Dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya". Ya, itulah pengertian dari Taqwa kepada Allah Yang Maha Esa.

Bahkan sangat mungkin saudara – saudara kita yang jarang mengikuti dan menghadiri acara – acara semacam diataspun telah mendengar dan hapal kata – kata tersebut karena minimal seminggu sekali umat islam diseluruh dunia mendengar kalimat itu dari lisan sang khatib ketika berkhotbah pada saat mendirikan sholat ju'mat sebab itu merupakan salah satu rukun yang wajib dilakukan dalam khotbhah tersebut meskipun dengan bahasa yang berbeda beda. Yang berbahasa arab akan menyitir ayat dalam Al qur'an : Ittaqullaha haqqo tuqotih wala tamutunna illa wa antum muslimun (QS:Ali Imran 102) atau salah satu hadist Nabi: Ittaqullaha haitsuma kunta.sang khatib di Indonesia kan mengatakan "Bertakwalah kamu sekalian dengan sebenar – benar takwa,yaitu dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dan lain sebagainya.

Walhasil, mayoritas kaum muslimin seantero jagat raya pasti pernah mendengar divinisi takwa diatas. Tapi apakah kita telah mengamalkan ajaran mulia ini?,berapa persenkah dari satu sepertiga milyar umat islam dunia yang benar – benar mengamalkan takwa sebagaimana pengertian tersebut? Atau malah kebanyakan dari kita hanya mendengarnya melalui kuping kanan dan dengan otomatis keluar kembali lewat kuping kiri?.Hanya diri kita masing – masinglah yang mengetahui seberapa jauh kita telah mengamalkan hal itu dan seberapa tinggi tingkat ketakwaan kita terhadap Allah SWT.

Mungkin banyak dari kita yang belum mau dengan sungguh – sungguh bertakwa, sebenarnya bukan karena tak senang dengan adanya pengertian takwa yang seakan memenjarakan kebebasan kita sebagi manusia merdeka atau mengingkari ajaran islam tersebut melainkan karena memang belum mengetahui akan balasan, manfaat atau rahasia dibalik takwa itu. Hal ini memang sangat wajar muncul di benak kita semua apalagi dengan kondisi dan situasi seperti zaman sekarang ini yang semuanya menuntut adanya "take and give",pertimbangan untung – rugi, manfaat dan madharat danlain sebagainya yang menjadikan kita mesti berfikir kerakali – kali untuk melakukan ataupun meninggalkan sesuatu. Maka itu wajar saja jika ada yang bertanaya :rahasia apakah yang ada dibalik tabir takwa?,mengapa sih kita mesti bertakwa?, apasih yang akan kira raih manakala telah bertakwa?,pahala apa yang dijanjikan Allah tuk orang – orang yang bertakwa? dan berbagai pertanyaan semacamnya.

Dari sini penulis merasa tertantang untuk mencari tahu akan jawaban berbagai pertanayaan diatas tuk kemudian menuliskan dan mempersembahkannya bagi para saudara dan saudari kita seiman dan seagama.

Rahasia dan manfaat takwa

Allah SWT. Berfirman dalam Al qur'an :Hai orang – orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar – benar takwa kepada-Nya;dan janganlah sekali –kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama islam.(QS:Ali Imran:102). Melalui ayat ini Allah memerintahkan kita semua umat islam untuk benar – benar bertakwa kepadanya dan mewanti – wanti agar jangan sampai kita meninggalkan dunia ini dalam keadaan tidak memeluk agama islam. Dari sini kita bisa menarik sebuah kesimpulan kecil, bahwa takwa memiliki arti penting dalam syareat islam dan kehidupan kita karena jika keduanya tak memiliki peran penting dalam agama sudah barang tentu Allah takkan memerintahkan kita tuk bertakwa dan melarang kita tuk tidak beragama selain agama islam sebab Ia takkan mungkin mewajibkan sesuatu kecuali didalamnya terdapat hikmah dan kebaikan serta kebahagiaan kita di dunia maupun di akhirat kelak.

Hal ini terbukti dengan banyaknya ayat – ayat yang berbicara tentang takwa di banyak surat dalam al-qur'an bahkan beberapa diantara nya yang dibarengi dengan suatu janji atau imbalan yang kan kita peroleh jika kita benar – benar bertakwa, diantaranya sebagai berikut:

Kebersamaan dengan Allah SWT. Allah berfirman : Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilash bahwa Allah beserta orang – orang yang bertakwa. (QS:Al Baqarah:194).
Pengajaran dari Allah SWT. Firman Allah dalan Al qur'an: Dan bertakwalah;Allah mengajarmu; dan Allah maha mengetahui segala sesuatu. (QS: Al Baqarah:282).
Keselamatan dari api neraka. Allah berfirman : Kemudian kami akan menyelamatkan orang – orang yang bertakwa dan membiarkan orang – orang yang zalim didalam neraka dalam keadaan berlutut. (QS: Maryam:72).
Solusi bagi segala permasalahan dan rizki yang tak terduga. Firman-Nya dalam Al qur'an: Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka – sangkanaya.(QS: At talak:2-3).
Segala urusan menjadi mudah. Allah berfirman: Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan kemudahan dalam urusannya (QS:At talak:4).
Penghapus kesalahan dan pelipat gandaan pahala. Sebagaimana Allah berfirman : Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan – kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.(QS:At talak:5).
Kemuliaan di dunia dan akhirat, Sebagaimana pula Ia berfirman: Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah yang paling bertakwa diantara kamu (QS:Al Hujurat:13).
Janji surga. Allah telah berfirman: Itulah surga yang akan kami wariskan kepada hamba – hamba kami yang selalu bertakwa (QS: Maryam:63).
Janji diberi furqan,yaitu petunjuk yang dapat membedakan antara yang hak dan yang batil, sebagaimana Allah berfirman: Hai orang – orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu furqan (QS:Al anfal:29)

Inilah beberapa poin yang notabene merupakan rahasia,manfaat serta janji – janji Allah yang akan diberikan kepada para hamba yang bertakwa kepada-Nya. Semoga dengan ini kita lebih bisa meningkatkan ketakwaan kita terhadap Allah Yang Maha Esa. Wallahu a'lam.

Yemen,19 Rabiul Awal 1429 H.
25 Maret 2008 M.

No comments: