Sunday, August 2, 2009

Hak dan Kewajiban antar muslim

Rosululloh dalam sebuah hadisnya bersabda: Hak dan kewajiban antar sesama muslim ada enam, yaitu: Jika ia bertemu dengan saudaranya maka ucapkanlah salam, ketika ia sakit hendaklah menjenguknya, tatkala ia meminta nasihat berikan padanya nasihatmu, kalau ia bersin lalu mengucap "alhamdulillah" doakanlah semoga allah merahmatinya, dan jika ia wafat iringilah jenazahnya.(HR: Muslim).

Ketika menyampaikan hadis diatas pada suatu kajian di beberapa room chating islami saya sangat gembira karena ternyata rekan dan rekanita muslim sangat antusias sekali mengikuti kajian tentang hadis ini. Sungguh ini meruapakan pertanda baik bahwa kita masih punya semangat untuk mempelajari ajaran – ajaran islam. Dan hal ini pulalah yang mendorong saya untuk sedikit menjelaskan kandungan hadis yang sangat penting ini melalui tulisan yang sederhana dengan bahasa yang sederhana pula agar bisa dipahami samua kalangan islam yang mau memahami ajaran rosululloh.

Setelah membaca beberapa buku yang mengomentari hadis diatas saya menemukan beberapa hal yang patut saya sampaikan dalam penjelasan ini antara lain:

Hadis diatas tidak bermaksud membatasi bahwa kewajiban antar umat islam hanya pada enam hal tersebut saja mengingat masih banyak kewajiban lain yang tak disebut dalam hadis tadi seperti kewajiban menolong saudara kita yang terdzolimi atau yang membutuhkan sandang pangan dll.
Yang dimaksud dengan kewajiban dalam hadis tersebut adalah wajib kifayah atau fardhu kifayah yang berarti: Apa bila sebagian kaum muslimin telah mengerjakan enam hal diatas maka gugurlah kewajiban itu atas sebagian yang lain. Tetapi jika tak ada seorang pun melaksanakannya maka semua umat islam akan berdosa.
Ketika menjawab salam dari saudara seiman, kita dianjurkan untuk memberikan jawaban yang lebih bagus dari salamnya sebagaimana firman Allah: Jika kalian diberi penghormatan dengan suatu penghormatan maka balaslah penghormatan itu dengan penghormatan yang lebih baik atau yang sepadan dengannya (QS: An nisa : 86). Contoh: jika ia berucap " assalamualaikum" maka jawaban yang lebih baik adalah dengan menambahkannya menjadi " wa alaikum salam warahmatulloh". Kalau ia berucap" assalamualaikum warahmatulloh" maka kita jawab dengan"wa alaikum salam warahmatullohi wabarakatuh".
Jika yang berucap "assalamualakum" pada kita adalah umat dari agama lain, maka jawaban yang diajarkan nabi pada kita adalah " wa alaikumus saam" ( semoga kematian atasmu) karena salam dengan kalimat "assalamualaikum"hanya khusus bagi umat islam saja, tidak untuk umat lain.
Tatkala menjenguk saudara muslim yang sedang sakit, rosululloh mengajarkan kita sebuah doa sebagai berikut: Allahumma adzhibil ba's robbin naas, wasyfi antasy syaafi, la syifa'a illa syifaa'uka, syifaa'an la yughoodiru saqoman.(Ya Allah hilangkanlah penyakit wahai Tuhan manusia, sembuhkanlah karena engkaulah maha penyembuh. Tiada kesembuhan kecuali darimu, kesembuhan yang tak menyisakan penyakit).
Yang dimaksud memberi nasihat adalah nasihat baik untuk kebaikan saudara kita, bukan nasihat yang menjerumuskannya dalam kesengsaraan. Jika kita tak mampu menasihatinya tunjukkan padanya seseorang yang kita anggap bisa memberinya nasihat baik.
Kewajiban mendoakan "yarhamukalloh" ( semoga Allah merahmatimu) pada orang yang bersin itu jika ia berucap "alhamdulillah" setelah bersin. Kalau tidak maka kita tak wajib mendoakan rahmat untuknya.
Orang yang telah kita doakan rahmat dianjurkan untuk membalas doa kita dengan berucap : "yahdikumulloh wa yushlihu baalakum" ( semoga Allah memberimu hidayah dan memperbaiki hatimu)
Undangan yang wajib kita datangi adalah undagan baik seperti resepsi pernikahan, tasyakuran dll. Dan bukan undangan yang mengajak kita melakukan kemaksiatan seperti pesta shabu – shabu dll.
Mengiringi jenazah yang paling benar adalah dengan berjalan kaki di depan ataupun di belakangnya, bukan dengan mengendarai kendaraan karena rosululloh bersabda tatkala melihat orang – orang yang menunggang hewan tunggangan ketika mengiringi jenazah: " Apakah kalian tidak malu? Sesungguhnya para malaikat Allah berjalan kaki sedangkan kalian menunggang tunggangan kalian".

Demikianlah sekelumit penjelasan tentang hak dan kewajiban antar umat islam yang terkandung dalam hadis diatas. Semoga kita menjadi muslim yang paripurna dengan mengerjakan kewajiban – kewajiban kira. Amin.

No comments: